Selasa, 31 Juli 2012

Book Review: The Book of Nurturing

Dear pretties, saya kali ini mereview tapi bukan kosmetik, tapi mereview buku. (*≧▽≦) Yah, karena libur masih lama, jadi saya iseng-iseng aja ke perpus kampus dan pinjem beberapa buku yang menurut saya menarik. Kali ini judulnya ‘’ Petunjuk Menjadi Keluarga Bahagia’’atau dalam versi Englishnya:  The Book of Nurturing, karangan Linda & Richard Eyre. Kenapa saya pinjam buku ini?

1. Karena saya sudah berkeluarga dan baru memulai selama 2 tahun ini… Jadi saya rasa, keluarga baru saya perlu masukan yang baik dari buku, dari orang tua tentang membina keluarga.
2. Saya tertarik dengan psikologi keluarga. (Sebetulnya saya pengin masuk jurusan Psikologi waktu SMA, hehehe)

Yang membuat saya suka buku setebal 163 halaman ini adalah: buku ini mengajak kita untuk menggunakan ‘insting’ dari alam, dari perilaku-perilaku hewan disekitar kita. Wow! Ini menarik sekali buat saya. Ada Sembilan hokum alam yang dapat memperkaya kehidupan keluarga kita. Kata-kata yang dipakai juga jelas, padat dan singkat.

Front cover ( Taken from: Gramedia.com)
Nah, maka dari itu, di post kali ini saya mau berbagi tentang apa yang ada di buku ini. Saya akan mengutip kata-kata petuah (ciahahahaha) dan semoga berguna buat kita semua.

1.       Prinsip Alami KOMITMEN: Hukum Angsa


Mereka berkawan seumur hidup, menghabiskan waktu lebih dari 50 tahun hidup bersama sebelum mereka mati satu persatu, saling membantu, melakukan banyak hal bersama-sama, menjaga keamanan, mengutamakan anggota keluarga, dan selalu pulang.

2.       Prinsip Alami MEMUJI: Hukum Kepiting


 Ketika kita mengkritik dan menekan anggota keluarga kebawah, kita akan menjadi seperti kepiting. Kepiting mempunyai insting untuk mendorong kepiting lain ke bawah, maka janganlah seperti kepiting. Tahanlah insting untuk mengkritik tapi pujilah mereka, doronglah mereka. Tanggalkan cangkang Anda dan tumbuhlah.

3.       Prinsip Alami KOMUNIKASI: Hukum Ikan Paus


 Ketika seekor ikan paus bernyanyi, ikan paus lain mendengarkan. Paus lain tidak pernah mengganggu. Berusahalah untuk berkmunikasi secara konstan.

4.       Prinsip Alami KONSISTENSI: Hukum Kura-Kura



Tahu kenapa kura-kura memenangkan lomba marathon melawan kelinci? Karena kura-kura selalu konsisten. Bangun pagi-pagi dan melanjutkan perjalanan. Ia memiliki hal-hal tertentu yang ia lakukan setiap hari. Ia tidak buru-buru sehingga bisa bersosialisasi, dn ia juga tahu apa yang benar-benar menjadi masalah. Maka, ia merasa tenang, fleksibel dan santai. Milikilah pola, kebiasaaan dan tradisi keluarga yang disepakati dan dinikmati bersama. Upayakan untuk berdamai dan meluangkan satu sama lain.

5.       Prinsip Alami DISIPLIN: Hukum Belalai Gajah


    Belalai Gajah digunakan untuk: menepuk-nepuk anaknya, menyiram anaknya, mengusir lebah/lalat dari punggung anaknya secara hati-hati. Namun belalai itu juga kuat, sehingga bisa memindah batu dan balok besar dan menghentikan anaknya ketika ada bahaya. Kita harus bisa sangat lunak dan memahami, tapi juga sangat tegas tentang apa yang benar dan salah.

6.       Prinsip Alami DISIPLIN: Hukum Kayu Merah

Mereka tumbuh dalam semak dan akar mereka saling terkait di dalam tanah seolah-olah seperti bergandengan tangan. Dengan cara ini mereka saling mendukung dan saling membantu untuk tetap berdiri bahkan bila ada angin badai. Arti lain ‘akar’ adalah para leluhur kita. Karena kita berasal dari orang-orang tersebut, kita banyak mewarisi sifat, penampilan bahkan kepribadian mereka. Kalau kita tahu tentang mereka, ini membantu kita untuk mengenali diri sendiri.

7.       Prinsip Alami TANGGUNG JAWAB: Hukum Beruang

Jangan lari. Tetaplah ditempat. Terima tanggung jawab sepenuhnya.Berikan tanggung jawab kepada anak sebagai respek Anda kepada mereka.

8.       Prinsip Alami KESADARAN: Hukum Katak

Jika katak berada di air yang semakin lama semakin hangat, mereka tidak menyadari tempratur semakin naik dan mereka akhirnya tertidur dan termasak. Kita perlu lebh sadar terhadap hal baik dan buruk yang secara bertahap menimpa keluarga kita. Janganlah seperti katak, kita harus mengetahui dan melihat kecemasan/perubahan/bakat satu sama lain.

9.       Prinsip Alami KEBEBASAN: Hukum Kutu

Ingatlah bahwa langkah akhir pengasuhan adalah membiarkan mereka bebas.

Bagaimana? Ternyata kita bisa belajar banyak dari hokum alam yang dikemas menjadi satu dalam buku ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strawberry On Top Of Cupcake