Jumat, 01 April 2016

The Joy of Decorating House!

Kalau boleh diulang lagi, rasanya pengeeen banget masuk kuliah di bidang Design Interior! Kenapa? Karena aku suka aja menata furniture, bikin taman, sama memperindah ruangan. Mungkin sedikit banyak karena dulu pas kecil pernah ikut kakungku, yang seorang arsitek, untuk ikut ke proyek, dan liat-liat buku buku arsitek kuno yang berbahasa aneh buatku pas masih kecil dulu. Hahaha.

Well, karena sekarang udah pindah ke rumah sendiri, aku bebas bereksplorasi untuk menghias rumah! Yeay!



Rumah kami kecil, type 36/95. 2 kamar tidur, 1 dapur, 1 tempat cuci, 1 kamar mandi dan 1 ruang tamu/keluarga. Kenapa rumah kecil? Soalnya kami juga hanya bertiga dan belum punya rencana untuk nambah momongan. Hahaha. Masih ada lahan di belakang yang bisa dibangun jadi 2-3 kamar.. Jadi sewaktu ada rejeki, pengen nambah bangunan.

Rumah kami adalah tipe minimalis, menyesuaikan budget kami yang minimalis juga, hehehe. Tema warna keseluruhan aku pilih warna putih abu2, soalnya emang suka sama kombinasi warnanya yang modern dan dinamis. Gampang cari furniture penglengkapnya. Untuk furniture, aku prefer semua warna putih... biar berkesan clean dan modern.

Bagian pertama yang aku hias adalah ruang tamu. Sebetulnya lebih ke ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai ruang tamu, sih.

Pilihanku jatuh ke wallpaper motif sulur-sulur warna silver dan abu-abu. Kenapa wallpaper? Karena efeknya instan mempercantik ruangan. Itupun gak semua sisi ya aku pasangin wallpaper, hanya 1 sisi aja. Soalnya kok kesannya malah pusing kalo dikelilingi motif sulur.. Hehehe...




Kami tambahin juga meja panjang warna putih, lampu gantung silver yang aku beli pas diskonan Ace Hardware, frame foto warna silver, lampu gajah putih buat pemanis di meja, dan anggrek warna ungu buat aksen.. Belum kepikiran ngasih sofa nih.. wkwkwk.. pengennya sih model cleopatra gitu yang warna dark purple...

Lampu diskonan Ace Hardware.. Hahaha! Suka warna silvernya yang matching sama wallpapernya

Kedua, menghias kamar utama. Simple aja sih, saya ditambah wall border motif shabby chic gitu. Warna krem... Wall bordernya aku beli murah banget, hanya 50rb/roll di Ace Hardware Emporium Pluit Mall. Aku pakai 2 roll untuk menghias kamarku ini.
Wall border kamar nuansa shabby chic
Ketiga, menghias dapur. Dapur itu bagian paling berantakan di rumah, karena aktifitas masak-memasak, cuci piring dan yang kotor-kotor lainnya dilakukan disitu. Belum lagi, panci dan wajan yang bergelantungan bisa meninggalkan kesan berantakan dan gak rapi untuk rumah. Mau gak mau, dapur harus keliahatan bersih karena dapurku langsung kelihatan dari ruang tamu. Disiasati aja pake kitchen set! 

Aku bersemangat banget nih waktu pembuatan kitchen set. Kami gak pakai konsultan design interior, hanya bermodalkan gambar yang ada di Pinterest plus tukang kayu langganan! Hehehe. Budgetnya pun 1/2 harga lebih murah dari tempat pembuatan kitchen set lain. Hasilnya pun sangat memuaskan

 Kami pilih warna putih untuk di dapur. Pakai cat duco supaya gampang dibersihin. Kayunya juga dari kayu multiplex, dan kami puas banget! Semua jadi tertata rapi di dalam.

Keempat, kamar anak. Aku pingin kamar anak itu yang nyaman, suasananya ceria, dan gak banyak barang supaya anak bebas gerak. Supaya Lio mau tidur sendiri, aku putusin buat menghias kamarnya Lio. Lagi-lagi terinspirasi dari Pinterest, aku hias dinding kamar Lio dengan tema nautical a.k.a tema laut!


Aku pilih tema laut karena long lasting- masi cocok sampe Lio agak gede nanti. Jadi gak perlu ganti tema lagi kalau dia udah besarm

Karena dinding kamar Lio itu agak lembab, maka gak mungkin banget aku tempel wallpaper. Karena, dinding yang lembab malah bikin wallpaper cepat terkelupas dan jamuran. Aku siasati dengan mengecat sendiri pakai teknik stencil.

Apa teknik stencil? Ini sih istilah gampangnya: jiplak! Yup, aku pilih gambar jangkar untuk menghias kamarnya Lio. Gambar aja di kertas yang tebal, setelah itu cutter polanya... Setelah selesai, jiplak di tembok pakai cat akrilik! Cat akrilik ternyata bisa untuk menghias tembok.

Distencil satu per satu. Fun!
Dinding sisi satunya, aku cat motif garis atau stripes warna navy blue alias biru dongker + putih, biar kental nuansa nauticalnya

Untuk dinding sebelah kiri, aku gambarin karakter-karakter lucu seperti gurita, lamou mercusuar, pelampung, pohon kelapa, dan kepiting... Pertama, hambar polanya pakai pensil dulu. Setelah yakin, langsing aja di cat pakai cat akrilik.

Untuk menghias kamar anak ini, aku hanya mengeluarkan kocek gak lebih dari Rp.70.000! Harga cat akrilik murah, hanya 10.000an aja. Beli warna primer, kayak merah, kuning, biru, hitam dan putih. Jangan lupa beli kuas, yang besar, sedang dan kecil. Paling mahal hanya 5000 kok per kuasnya.


Terakhir, bikin taman. Mengurus taman bukan hal yang mudah lho! Soalnya rumput liar suka tumbuh cepat. Apalagi pas musim hujan. Makanya, kita bikin taman yang kecil dan sederhana aja. Kami beli air mancur ini Rp.300.000 aja. Itu juga udah sama pompa airnya. Jadinya syahdu deh kalo ada gemericik air di taman! Terus untuk pemilihan tanamannya, kami pilih yang dedaunan aja. Soalnya biar gampang ngerawatnya. Kami gak pake jasa tukang taman, bermodalkan kreativitas aja untuk menghiasnya. Tanamannya juga pilih yang murah. Kisarannya hanya Rp.1000 aja untuk tanaman perdu kecil. Paling mahal hanya pohon palem mini seharga Rp.15.000 dan  cemara kipas Rp.30.000. Kami juga tambah bangau-bangauan 4 ekor. Per bangaunya hanya Rp.25.000. Cukup kok untuk bikin taman kelihatan cantik!
Ini keadaan taman pas masi kecil2 tanamannya. Please excuse the pink bucket ya! Wkwkwkwk
Nah, gimana dengan kalian? Apa kalian juga suka menghias kamar/rumah? Ketika kita menghias rumah sendiri, ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri. Ditambah lagi, ini juga bisa menambah keakraban kita dengan keluarga. Saling tukar ide, bantu menbantu waktu pengerjaan, keseruan dan berantem-berantem kecil! Hahaha. Misalnya nih, waktu milih motif wallpaper.. si suami mana mau motif bunga-bunga??? Wkwkwkw.. Tapi seperti yang ada di meme.. Women always right! Hehehehe. Share ya pengalaman kalian di komen :)

Thanks for reading!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strawberry On Top Of Cupcake