Selasa, 25 Juni 2019

Pengalaman (Pahit) Pakai Softlens

Sebagai pemakai kacamata yang minusnya gak banyak-banyak banget, aku lebih milih pake softlens dengan alasan kepraktisan dan tentu saja, bikin mata keliatan tambah bening dan cantik gitu.. Hohohoo! Nah, aku sebetulnya juga bukan pengguna softlens pemula, dan aku gak menyangka hal kayak gini bisa juga menimpa aku, gaes!

Tuh kan dulu gak papa pake softlens

Suka warna yang necurel, kyak yang item ini misalnya

Atau warna abu-abu gini

Atau warna aman kayak brown gini...

Nah, awal kejadiannya kayak gini:
Aku sore-sore pulang kerja, hari itu hari Jumat. Liat jam udah menunjukkan jam 3.30, langsung pesen grab dan segera order ke tempat pemberhentian bis. Seperti biasa, aku pulang naik bis jurusan Salatiga-Semarang.

Selama perjalanan di bis, udah kerasa banget tuh, AC yang letaknya diatas kepala nyentor banget ke muka.. Sayangnya, ga bisa dikecilin itu AC. Mataku rasanya udah kayak perih gitu krn kering... Tapi, gak aku tetes krn aku pas itu kebetulan ketinggalan tetes matanya di rumah.

Sampai rumah, aku cuci tangan dan copot softlens. Nah, pas dicopot, rasanya kok perih yaa. "Aah paling gak papa, ntar kena air mata biasanya sembuh sendiri". Ehh kok lama-lama dibiarin nih, tetep perih matanya. Aku langsung beli Insto buat meredakan rasa perih dan panas dimata kananku. Nah, waktu aku ngaca, kok ada garis gitu ya melingkar di area deket kornea.. Wah langsung parno deh aku, telpon suamiku yang lagi dinas di Jogja. Suamiku bilanh, besok aja deh dibawa ke dokter, paling matamu gak papa, cuma mata lelah aja...

Nah, malem itu, mataku rasanya perih banget. Dan garis melengkung di deket kornea mataku itu juga makin jelas. Kayak semacam luka gitu. Waktu aku berusaha untuk tidur, pas mataku merem, rasanya kayak ada kilatan-kilatan gitu di mata warna kuning/putih.

Searchinglah aku di google. Wah kayaknya ini gara2 copot softlens dalam keadaan kering tadi. Harusnya pas mau copot tadi, aku tetes dulu supaya gak melukai mataku. Dan lagi, aku baca-baca kisah serem orang pake softlense gitu. Huaaaaa, panik banget!

Malem itu juga, sekitar jam 12 malem, suamiku bela-belain nyetir dari Jogja ke Salatiga buat bawa aku ke IGD. Soalnya aku dah ga tahan sama perih matanyaaa.

Sampe IGD, aku cuma dikasi tetes mata aja yang menyerupai air mata jadi matanya bisa lebih enakan. Paginya, langsung deh ak ke dokter mata.

Di dokter mata, mataku diberi cairan. Fungsinya untuk melihat luka di mataku. Cairannya akan berubah jadi biru waktu dia kena di lukaku. Bener deh. Cairannya bikin mataku jadi kelihatan lukanya. Warnanya jadi kayak ijo gitu. Begitu dokter tau letak lukanya, aku langsung dikasi resep obat tetes mata Cendo. Tapi Cendo kan ada banyak tuh, ini Cendo apaaa gt namanya lupa.. Soalnya udah aku buang krn udah lebih dari 1bulan. Hehehe

Dokter matanya bilang, mending kalo minus masih dibawah 5, pake kacamata aja.. Untuk menghindari hal-hal kayak tadi. Ya udah, deh ak nurutin aja apa kata dokter. Dan mataku juga langsung sembuh setelah ditetes 1 hari (kalo gak salah kemarin ditetes 5x sehari).

Semenjak itu, karena masih trauma sama softlens, aku selalu pakai kacamata. Udah aku buang softlensenya 😂 soalnya udah ngerasain sakitnya pas luka kemarin.

Kalo kalian masih mau softlens, gak papa sih.. Tapi emang harus extra care ya. Mata kita cuma sepasang, gaes.. Kalo rusak udh ga ada ganti lagi. Jangan lupa tetes mata kalo mau copot lensnya. Cuci tangan jangan sampe lupa dan periksa tanggal kadaluarsa softlens, obat tetes dan cairannya. hehe.

Ternyata, waktu aku buka kolom QnA di Instagram, mereka juga banyak yang mengalami hal yang sama kayak aku, bahkan beberapa sampe dibilang dokter hampir buta, gaes.. Sedih banget kan?! 

Jadi, aku sih cari amannya aja, dengan pakai kacamata.Kalau kamu gimana, punya pengalaman pahitkah sama softlens? Share di kolom komentar ya 😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strawberry On Top Of Cupcake